Pemilihan, Penggunaan dan Perawatan Media
Pembelajaran Sederhana
MAKALAH
Makalah ini Diajukan untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Media Pembelajaran
Dosen : Budi Febrianto, S.pd
Disusun oleh :
Puji Astuty :11.22.1.0091
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS PENDIDIKAN DASAR
UNIVERSITAS MAJALENGKA
Jl. K.H. Abdul Halim No.103
Tahun Ajaran 2012/2013
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat taufiq dan
hidayah-nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas Media Pembelajaran
ini dengan lancar dan tanpa ada hambatan apapun.
Penyusunan tugas makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata
kuliah Media Pembelajaran dari Budi Febrianto, S.pd di Semester 3 Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Majalengka. Penulis menyadari
masih banyak kekurangan dan kesalahan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh karena
itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun.
Terima kasih penulis ucapkan kepada semua teman-teman semua dan pihak yang
telah membantu baik moril maupun materil sehingga tugas Makalah ini bisa di
selesaikan dengan sebaik-baiknya, kepada semua teman-teman dan pihak yang telah
membantu dengan tulus dan ikhlas semoga mendapatkan imbalan yang setimpal dari
allah swt.
Dalam makalah ini mengarah pada bagaimana cara memilih, menggunakan dan merawat
media pembelajaran sederhana untuk lebih mengoptimalkan proses pembelajaran di
sekolah dasar. Media pembelajaran sederhana ini dimaksudkan sebagai jenis media
yang mudah dibuat, bahan yang mudah diperoleh, mudah digunakan, serta harganya
murah.
Untuk memudahkan dalam mempelajari hal ini maka uraian yang akan dibahas
disesuaikan dengan tujuan pembahasan yakni meliputi faktor apa saja yang perlu
diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran sederhana, bagaimana cara
menggunakannya, serta bagaimana cara perawatannya agar tetap terpelihara dan
dapat digunakan berulang-ulang.
Akhirnya penulis berharap semoga tugas makalah ini bermanfaat bagi kita semua.
Majalengka, 07 Oktober 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan masalah
1.3 Tujuan Penulisan
1.4 Sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pemilihan Media Pembelajaran
2.2 Penggunanaan Media Pembelajaran
2.3 Pemeliharaan Media Pembelajaran
BAB III PENUTUP
3.1.Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Media
pembelajaran sederhana adalah jenis-jenis media pembelajaran yang relatif mudah
dibuat, bahannya mudah diperoleh, mudah digunakan, serta harganya lebih murah.
Namun demikian, sederhana tidaknya suatu media tersebut sebenarnya tergantung pada
kondisi suatu sekolah.
Mengapa
media pembelajaran sederhana? Berdasarkan perkembangan yang terjadi, jumlah dan
jenis media pembelajaran yang ada dewasa ini sangatlah banyak dan bervariasi,
baik berupa media media yang disengaja dirancang khusus untuk keperluan
pembelajaran (media by design) maupun yang tidak dirancang secara
khusus, namun dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran (media by
utilization).
1.2 Rumusan masalah
1. Faktor apa saja yang perlu diperhatikan
dalam pemilihan media pembelajaran
2. Bagaimana cara menggunakan media
pembelajaran
3. Bagaimana cara
perawatannya agar tetap terpelihara dan dapat digunakan berulang-ulang.
1.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui faktor dalam pemilihan
media pembelajaran
2. Mengetahui cara menggunakan media
pembelajaran
3. Mengetahui cara perawatan media
pembelajaran
1.4. Sistematika Penulisan
Untuk
memudahkan pemahaman, maka penulisan dalam makalah ini dibagi menjadi 3 BAB.
Sistematika penulisan masing-masing BAB dapat diuraikan sebagai berikut :
Ø BAB I Membahas
pengantar tentang isi makalah yang meliputi pendahuluan, latar
belakang, rumusan masalah, tujuan dan sistematika penulisan.
Ø BAB II Membahas seputar
Pemilihan Media Pembelajaran, Penggunanaan Media Pembelajaran, Pemeliharaan
Media Pembelajaran
Ø BAB III Merupakan
penutup dari makalah ini.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pemilihan Media
Pembelajaran (Media Selection)
Pada saat akan menentukan media pembelajaran yang akan dipilih dan digunakan
dalam kegiatan, terlebih dahulu yang perlu anda pahami adalah : (1) Belum ada
satu pedoman yang pasti dan jelas yang member petunjuk untuk mengadakan
pemilihan media pembelajaran dan (2) Terdapat banyak jenis media pembelajaran
dan kemungkinan-kemungkinan untuk memilih media tersebut.
Masih banyak guru SD belum memiliki pemahaman yang utuh tentang jenis dan
karakteristik dari suatu media pembelajran sehingga mereka cukup sulit menetukkan
media pembelajaran atau kombinasinya untuk menyajikan bahan ajar ada
kecenderungan para guru memilih jenis media pembelajaran yang paling mereka
sukai atau mereka kenal walaupun tidak relevan denagan kompetensi atau tujuan
pembelajaran yang dicapai.
Kegiatan pemilihan media pembelajaran merupakan bagian tak terpisahkan dari
keseluruhan proses penggunaan media pembelajaran. Jika salah memilih media
pembelajaran maka akan berpengaruh pada keberhasilan dalam melaksanakan proses
pembelajaran. Memilih media harus selalu dikaitkan dengan kompetensi atau
tujuan pembelajaran yang akan dicapai, sifat-sifat bahan ajar yang akan
disampaikan, strategi pembelajaran yang akan digunakan, dan sistem evaluasinya.
Media pembelajaran sangat banyak ragamnya dan setiap media memiliki kelemahan
dan kelebihan, tidak ada media pembelajaran yang paling baik yang dapat
digunakan untuk segala situasi dan kondisi. Terdapat 3 hal yang perlu dijadikan
pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran, yaitu :
1. Tujuan pemilihan
pembelajaran
Memilih media yang akan
digunakan harus berdasarkan maksud dan tujuan pemilihan yang jelas. Apakah
digunakan untuk kegiatan pembelajaran atau pemberian informasi yang sifatnya
umum atau sekedar hiburan saja ? jika digunakan untuk kegiatan pembelajaran,
apakah untuk pembelajaran yang sifatnya individual atau kelompok tujuan
pemilihan sangat berkaitan dengan kemampuan dalam menguasai berbagai jenis
media pembelajaran berserta karakteristiknya.
2. Karakteristik media
pembelajaran
Setiap media
pembelajaran memiliki karakteristik tetentu, dilihat dari segi ke andalanya,
cara pembuatannya, maupun cara penggunaanya. Pemahaman terhadap karakterisitik
berbagai media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki dalam
kaitannya dengan pemilihan media pembelajaran ini. Selain itu, kemampuan ini
memberikan kemungkinan untuk menggunakan berbagai jenis media pembelajaran
secara variasi. Apabila kurang memahami karakteristik tersebut maka akan
dihadapkan pada kesulitan-kesulitan dan cenderung spekulatif.
3. Alternatif media
pembelajaran yang dapat dipilih
Memilih media pada
dasarnya merupakan proses menganbil atau menentukan keputusan dari berbagai
pilihan yang ada. Supaya media pembelajaran yang dipilih itu tepat, selain
harus mempertimbangkan ketiga hal tersebut, perhatikan pula beberapa faktor
berikut :
a. Rencana pembelajaran
b. Sasaran belajar
c. Tingkat keterbacaan
media
d. Situasi dan kondisi
e. Objektivitas
2.2 Penggunanaan Media
Pembelajaran
Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan
efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang
pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak
lanjut.
1. Persiapan
Persiapan maksudnya
kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan mengajar dengan menggunakan
media pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan tenaga pengajar pada
langkah persiapan diantaranya:
a) membuat rencana pelaksanaan
pembelajaran/perkuliahan sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam
rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan cantumkan media yang akan
digunakan.
b) mempelajari buku
petunjuk atau bahan penyerta yang telah disediakan,
c) menyiapkan dan
mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak
terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan
mendengar dengan baik.
2. Pelaksanaan/Penyajian
Tenaga Pengajar pada
saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran perlu
mempertimbangkan seperti:
a. Yakinkan bahwa semua
media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan.
b. Jelaskan tujuan yang
akan dicapai,
c. Jelaskan lebih dahulu
apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran,
d. Hindari
kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian/konsentrasi, dan
ketenangan peserta didik.
3. Tindak lanjut
Kegiatan ini perlu
dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi yang dibahas
dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur
efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat
dilakukan diantaranya diskusi, eksperimen, observasi, latihan dan tes.
2.3 Pemeliharaan Media
Pembelajaran
Agar media pembelajaran yang telah dibuat dapat terpelihara dengan baik dan
digunakan berkali-kali dalam waktu relatif lama maka perlu pemeliharan dan
perawatan. Berikut cara praktif dalam memelihara dan merawat media pembelajaran
sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya banyak tanpa biaya sedikitpun, antara
lain :
1. Media grafis, seperti
bagan, diagram, grafik, poster, dan kartun yang dibuat dengan ukuran besar,
diberi bingkai pada bagian atas dan bawah. Cara menyimpananya tidak digulung
atau dilipat supaya media tersebut tidak rusak.
2. Dalam upaya pemeliharan
dan kepraktisan dalam penggunaan media grafis diupayakan dengan pembuatan papan
penyajian, bisa berupa papan planel, papan bulletin, papan tikar.
3. Apabila pihak sekolah
memiliki dana yang memadai sebaiknya disediakan ruang untuk penyimpanan
berbagai media pembelajaran, baik yang dibuat guru maupun hasil membeli dari
toko sehingga media tersebut awet, tahan lama, dan terpelihara dengan baik.
Ruangan tersebut bisa juga berfungsi sebgai pusat media atau pusat sumber
belajar pada tingkat sekolah. Media pembelajaran tersebut digunakan apabila
tujuan dan materi pelajaran menuntut menggunakan media pembelajaran tersebut.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1. Media pembelajaran
sederhana adalah jenis-jenis media pembelajaran yang relatif mudah dibuat,
bahannya mudah diperoleh, mudah digunakan, serta harganya lebih murah. Namun
demikian, sederhana tidaknya suatu media tersebut sebenarnya tergantung pada
kondisi suatu sekolah.
2. Pemilihan media
pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses pengambilan keputusan yang
dilakukan oleh guru menentukan jenis media yang lebih tepat digunakan dan
disampaikan, strategi yang digunakan dan evalusinya. Adanya pemilihan media ini
disebabkan sangat banyak dan bervariasinya, jenis media dengan karakteristik
yang berbeda.
3. Penggunaan media
pembelajaran sederhana perlu memperhatikan tujuan yang ingin dicapai, sifat
dari bahan ajar, karakteristik belajar dan kondisi tempat. Yang menjadi
pertimbangan antara lain : kesederhanaan, menarik perhatian, adanya penekanan
direncankan dengan baik serta memungkinkan siswa belajar dengan lebih aktif.
4. Untuk pemeliharaan media
pembelajaran agar awet dan dapat digunakan dengan lebih lama perlu diupayakan
dengan berbagai cara, baik secara teknis maupun yang lebih ideal
DAFTAR PUSTAKA
Anitah.W.S, Dkk. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Universitas
Terbuka.
Herry.H.A. 1991. Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Universitas Terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar