Minggu, 28 Oktober 2012

Pemilihan, Penggunaan dan Perawatan Media Pembelajaran Sederhana


Pemilihan, Penggunaan dan Perawatan Media Pembelajaran Sederhana

MAKALAH

Makalah ini Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran

Dosen : Budi  Febrianto, S.pd





Disusun oleh :

                                                            Puji Astuty      :11.22.1.0091



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH  DASAR
FAKULTAS PENDIDIKAN DASAR


UNIVERSITAS  MAJALENGKA
Jl. K.H. Abdul Halim No.103
Tahun Ajaran 2012/2013

















KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat taufiq dan hidayah-nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas Media Pembelajaran  ini dengan lancar dan tanpa ada hambatan apapun.
            Penyusunan tugas makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Media Pembelajaran dari Budi Febrianto, S.pd di Semester 3 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar  Universitas Majalengka. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun.
            Terima kasih penulis ucapkan kepada semua teman-teman semua dan pihak yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga tugas Makalah ini bisa di selesaikan dengan sebaik-baiknya, kepada semua teman-teman dan pihak yang telah membantu dengan tulus dan ikhlas semoga mendapatkan imbalan yang setimpal dari allah swt.
            Dalam makalah ini mengarah pada bagaimana cara memilih, menggunakan dan merawat media pembelajaran sederhana untuk lebih mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah dasar. Media pembelajaran sederhana ini dimaksudkan sebagai jenis media yang mudah dibuat, bahan yang mudah diperoleh, mudah digunakan, serta harganya murah.
            Untuk memudahkan dalam mempelajari hal ini maka uraian yang akan dibahas disesuaikan dengan tujuan pembahasan yakni meliputi faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran sederhana, bagaimana cara menggunakannya, serta bagaimana cara perawatannya agar tetap terpelihara dan dapat digunakan berulang-ulang.

            Akhirnya penulis berharap semoga tugas makalah ini bermanfaat bagi kita semua.


Majalengka, 07 Oktober 2012



                                                                                                            Penulis





DAFTAR ISI

           

KATA PENGANTAR

DAFTAR  ISI

BAB I PENDAHULUAN
            1.1 Latar Belakang
            1.2 Rumusan masalah
            1.3 Tujuan Penulisan
            1.4 Sistematika Penulisan
           
BAB II PEMBAHASAN
            2.1 Pemilihan Media Pembelajaran
            2.2 Penggunanaan Media Pembelajaran
            2.3  Pemeliharaan Media Pembelajaran
BAB III PENUTUP
            3.1.Kesimpulan
           
DAFTAR PUSTAKA











  



BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
            Media pembelajaran sederhana adalah jenis-jenis media pembelajaran yang relatif mudah dibuat, bahannya mudah diperoleh, mudah digunakan, serta harganya lebih murah. Namun demikian, sederhana tidaknya suatu media tersebut sebenarnya tergantung pada kondisi suatu sekolah.
            Mengapa media pembelajaran sederhana? Berdasarkan perkembangan yang terjadi, jumlah dan jenis media pembelajaran yang ada dewasa ini sangatlah banyak dan bervariasi, baik berupa media media yang disengaja dirancang khusus untuk keperluan pembelajaran (media by design) maupun yang tidak dirancang secara khusus, namun dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran (media by utilization).

1.2 Rumusan masalah

1.      Faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran
2.      Bagaimana cara menggunakan media pembelajaran
3.      Bagaimana cara perawatannya agar tetap terpelihara dan dapat digunakan berulang-ulang.
1.3 Tujuan Penulisan

1.      Untuk mengetahui faktor dalam pemilihan media pembelajaran
2.      Mengetahui cara menggunakan media pembelajaran
3.       Mengetahui cara perawatan media pembelajaran

1.4. Sistematika Penulisan
           
            Untuk memudahkan pemahaman, maka penulisan dalam makalah ini dibagi menjadi 3 BAB. Sistematika penulisan masing-masing BAB dapat diuraikan sebagai berikut  :

Ø  BAB I Membahas pengantar  tentang  isi makalah yang meliputi pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan sistematika penulisan.

Ø  BAB II Membahas seputar Pemilihan Media Pembelajaran, Penggunanaan Media Pembelajaran, Pemeliharaan Media Pembelajaran

Ø  BAB III  Merupakan penutup dari makalah ini.







BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pemilihan Media Pembelajaran (Media Selection)
            Pada saat akan menentukan media pembelajaran yang akan dipilih dan digunakan dalam kegiatan, terlebih dahulu yang perlu anda pahami adalah : (1) Belum ada satu pedoman yang pasti dan jelas yang member petunjuk untuk mengadakan pemilihan media pembelajaran dan (2) Terdapat banyak jenis media pembelajaran dan kemungkinan-kemungkinan untuk memilih media tersebut.
            Masih banyak guru SD belum memiliki pemahaman yang utuh tentang jenis dan karakteristik dari suatu media pembelajran sehingga mereka cukup sulit menetukkan media pembelajaran atau kombinasinya untuk menyajikan bahan ajar ada kecenderungan para guru memilih jenis media pembelajaran yang paling mereka sukai atau mereka kenal walaupun tidak relevan denagan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang dicapai.
            Kegiatan pemilihan media pembelajaran merupakan bagian tak terpisahkan dari keseluruhan proses penggunaan media pembelajaran. Jika salah memilih media pembelajaran maka akan berpengaruh pada keberhasilan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Memilih media harus selalu dikaitkan dengan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai, sifat-sifat bahan ajar yang akan disampaikan, strategi pembelajaran yang akan digunakan, dan sistem evaluasinya. Media pembelajaran sangat banyak ragamnya dan setiap media memiliki kelemahan dan kelebihan, tidak ada media pembelajaran yang paling baik yang dapat digunakan untuk segala situasi dan kondisi. Terdapat 3 hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran, yaitu :
1.      Tujuan pemilihan pembelajaran
Memilih media yang akan digunakan harus berdasarkan maksud dan tujuan pemilihan yang jelas. Apakah digunakan untuk kegiatan pembelajaran atau pemberian informasi yang sifatnya umum atau sekedar hiburan saja ? jika digunakan untuk kegiatan pembelajaran, apakah untuk pembelajaran yang sifatnya individual atau kelompok tujuan pemilihan sangat berkaitan dengan kemampuan dalam menguasai berbagai jenis media pembelajaran berserta karakteristiknya.
2.      Karakteristik media pembelajaran
Setiap media pembelajaran memiliki karakteristik tetentu, dilihat dari segi ke andalanya, cara pembuatannya, maupun cara penggunaanya. Pemahaman terhadap karakterisitik berbagai media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki dalam kaitannya dengan pemilihan media pembelajaran ini. Selain itu, kemampuan ini memberikan kemungkinan untuk menggunakan berbagai jenis media pembelajaran secara variasi. Apabila kurang memahami karakteristik tersebut maka akan dihadapkan pada kesulitan-kesulitan dan cenderung spekulatif.
3.      Alternatif media pembelajaran yang dapat dipilih
Memilih media pada dasarnya merupakan proses menganbil atau menentukan keputusan dari berbagai pilihan yang ada. Supaya media pembelajaran yang dipilih itu tepat, selain harus mempertimbangkan ketiga hal tersebut, perhatikan pula beberapa faktor berikut :
a.       Rencana pembelajaran
b.      Sasaran belajar
c.       Tingkat keterbacaan media
d.      Situasi dan kondisi
e.       Objektivitas

2.2 Penggunanaan Media Pembelajaran
            Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.
1.      Persiapan
Persiapan maksudnya kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan tenaga pengajar pada langkah  persiapan diantaranya:
a) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan cantumkan media yang akan digunakan.
b) mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta  yang telah disediakan,
c) menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan baik.
2.      Pelaksanaan/Penyajian
Tenaga Pengajar pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran perlu mempertimbangkan seperti:

a. Yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan.
b. Jelaskan tujuan yang akan dicapai,
c. Jelaskan lebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran,
d. Hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian/konsentrasi, dan ketenangan  peserta didik.
3.      Tindak lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya diskusi, eksperimen, observasi,  latihan dan tes.

2.3 Pemeliharaan Media Pembelajaran
            Agar media pembelajaran yang telah dibuat dapat terpelihara dengan baik dan digunakan berkali-kali dalam waktu relatif lama maka perlu pemeliharan dan perawatan. Berikut cara praktif dalam memelihara dan merawat media pembelajaran sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya banyak tanpa biaya sedikitpun, antara lain :
1.      Media grafis, seperti bagan, diagram, grafik, poster, dan kartun yang dibuat dengan ukuran besar, diberi bingkai pada bagian atas dan bawah. Cara menyimpananya tidak digulung atau dilipat supaya media tersebut tidak rusak.
2.      Dalam upaya pemeliharan dan kepraktisan dalam penggunaan media grafis diupayakan dengan pembuatan papan penyajian, bisa berupa papan planel, papan bulletin, papan tikar.
3.      Apabila pihak sekolah memiliki dana yang memadai sebaiknya disediakan ruang untuk penyimpanan berbagai media pembelajaran, baik yang dibuat guru maupun hasil membeli dari toko sehingga media tersebut awet, tahan lama, dan terpelihara dengan baik. Ruangan tersebut bisa juga berfungsi sebgai pusat media atau pusat sumber belajar pada tingkat sekolah. Media pembelajaran tersebut digunakan apabila tujuan dan materi pelajaran menuntut menggunakan media pembelajaran tersebut.







BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
1.      Media pembelajaran sederhana adalah jenis-jenis media pembelajaran yang relatif mudah dibuat, bahannya mudah diperoleh, mudah digunakan, serta harganya lebih murah. Namun demikian, sederhana tidaknya suatu media tersebut sebenarnya tergantung pada kondisi suatu sekolah.
2.      Pemilihan media pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh guru menentukan jenis media yang lebih tepat digunakan dan disampaikan, strategi yang digunakan dan evalusinya. Adanya pemilihan media ini disebabkan sangat banyak dan bervariasinya, jenis media dengan karakteristik yang berbeda.
3.      Penggunaan media pembelajaran sederhana perlu memperhatikan tujuan yang ingin dicapai, sifat dari bahan ajar, karakteristik belajar dan kondisi tempat. Yang menjadi pertimbangan antara lain : kesederhanaan, menarik perhatian, adanya penekanan direncankan dengan baik serta memungkinkan siswa belajar dengan lebih aktif.
4.      Untuk pemeliharaan media pembelajaran agar awet dan dapat digunakan dengan lebih lama perlu diupayakan dengan berbagai cara, baik secara teknis maupun yang lebih ideal

















                                            





DAFTAR PUSTAKA

Anitah.W.S, Dkk. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.
Herry.H.A. 1991. Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Universitas Terbuka.
Balas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar